Tuesday 3 November 2020

akuntansi_akuntan

Peran Akuntansi Manajemen Dalam Perusahaan

Akuntansi Manajemen adalah proses mengidentifikasi, mengukur, dan mengakumulasi, menyiapkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mengkomunikasiakan kejadian ekonomi yang digunakan oleh manajemen untuk melakukan perencanaan (planning), pengendalian (controling), pengambilan keputusan (decision-making) dan penilaian kinerja organisasi atau perusahaan.

Dalam sebuah perusahaan akutansi manajemen sangat diperlukan.

Kenapa ???

Karena tujuan akuntansi manajemen itu sendiri adalah melakukan pengawasan atas biaya, menetapkan kebijaksanaan harga, meramalkan laba yang akan datang, mengukur atau menjelajahi biaya modal kerja.

Dalam perusahaan sangat diperlukan dalam mengelola informasi yang di dapatkan apakah itu informasi tentang keuangan perusahaan atau non keuangan perusahaan. Siapa yang bertanggungjawab dalam mengelola informasi tersebut?. Tentu manajemen perusahaan. Informasi apa saja yang akan dihasilkan?. Simak lanjutannya

Tipe dan Fungsi Hasil Informasi Manajemen

Berbicara tentang manajemen tidak luput dari informasi yang didapat dan dihasilkan. Informasi adalah sekumpulan data atau fakta yang telah diproses dan diolah sedemikian rupa sehingga menghasilkan sesuatu yang bisa dipahami dan memberikan manfaat bagi penerimanya.

Informasi akuntansi manajemen dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan hubungannya yaitu

  • Informasi Akuntansi Penuh (Full Accounting Information) yang berfungsi untuk penyajian informasi secara penuh contohnya untuk informasi produk, departemen, aktivitas.
  • Informasi Akuntansi Diferensial (Differential Accounting Information) untuk menunjukkan perbandingan sehingga menghasilkan suatu alternative atau pilihan lain.
  • Informasi Akuntansi Pertanggungjawaban (Responbility Accounting Information) sebagai misal informasi pertanggungjawaban dari wewenang manajer.
Beberapa fungsi dari hasil informasi yang sudah ada di dalam manajemen :
  • Merumuskan strategi
  • Proses perencanaan dan pengendalian
  • Pengambilan keputusan
  • Optimalisasi keputusan
  • Pengungkapan pemegang saham dan pihak luar
  • Pengungkapan entitas organisasi bagi karyawan perlindungan atas aset organisasi

Tanggung Jawab Akuntansi Manajemen

Akuntansi manajemen memiliki tanggung jawab dalam mediator konflik. Hal ini berarti bahwa akuntansi manajemen dapat membantu manajemen dalam proses pengambilan keputusan agar sumber-sumber ekonomi yang dikuasainya atau kekayaan perusahaan dapat dialokasikan dan ditransformasikan secara lebih efektif serta efisien, termasuk pula tanggung jawab untuk memberikan informasi mengenai aspek-aspek disfungsional yang ditimbulkan oleh konflik-konflik intra organisasi.

Peran Akuntansi Manajemen Dalam Perusahaan

Peran akuntansi manajemen dalam perusahaan menekankan pada pencapaian goal dan objective suatu organisasi saat ini. Berdasarkan pengamatan penulis ada beberapa peran akuntansi manajemen dalam suatu perusahaan yaitu:

1. Membantu untuk meramal masa depan

Akuntansi manajemen membantu dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan kritis dan meramalkan tren masa depan dalam bisnis berdasarkan data. Hal ini sangat membantu manajer untuk memperkirakan semuanya, terutama saat melakukan pengambilan keputusan dan menentukan pilihan penting dalam organisasi.

2. Membantu memilih keputusan membuat atau membeli

Dalam akuntansi manajemen, data akan dikembangkan yang mana memungkinakn pengambilan keputusan ditingkat operasional strategis.

3. Memprediksi arus kas

Mengetahui dampak arus kas yang terjadi apakah itu dari masa kini ataupun masa depan. Artinya memprediksi keluar masuknya dana dalam perusahaan.

4. Membantu mengetahui realisasi kinerja

Akuntansi manajemen membantu untuk mengetahui realisasi kinerja dengan menggunakan teknik analisis untuk membantu manajemen membangun varians positif dan melakukan perubahan pada hal negatif dalam kelangsungan bisnis. Hal ini untuk mengetahui perbedaan antara apa yang telah direncanakan dan apa yang sebenarnya terealisasikan.

5. Menganalisa tingkat pengembalian yang diharapkan

Sebelum memulai proyek yang membutuhkan investasi besar, perusahaan perlu menganalisis tingkat pengembalian yang diharapkan atau Rate of Return (ROR) dan juga tingkat pengembalian investasi keseluruhan dalam investasi atau Return On Investment (ROI).

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Biaya dan 3 Tujuannya

Kesimpulan

Akuntansi manajemen sangat berperan dalam suatu perusahaan, sebab perusahaan tidak akan bisa mengelola informasinya jika akuntansi manajemen tidak berperan disana. Akuntansi manajemen  melakukan pengawasan atas biaya, menetapkan kebijaksanaan harga, meramalkan laba yang akan datang, mengukur atau menjelajahi biaya modal kerja. Dan juga peran akuntansi manajemen dalam perusahaan itu mengutamakan pada pencapaian goal dari perusahaan itu sendiri apa.

Demikian dari artikel tentang Peran Akuntansi Manajemen Dalam Suatu Perusahaan. Jangan lupa difollow dan dibagikan ya sobat akuntan dan calon akuntan. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Referensi:

https://solutions-integra.com/peran-akuntansi-manajemen-dalam-suatu-perusahaan/#:~:text=Akuntansi%20manajemen%20membantu%20dalam%20menjawab,menentukan%20pilihan%20penting%20dalam%20organisasi.

akuntansi_akuntan

About akuntansi_akuntan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
Xclmedia
AUTHOR
18 December 2020 at 01:41 delete

APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG. Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan dagang. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com

Reply
avatar
Anonymous
AUTHOR
12 February 2022 at 02:11 delete

halo semuanya di sini jika Anda mencari pinjaman dengan tingkat bunga rendah dengan pengembalian 2 tingkat per tahun maka penawaran pinjaman pedro akan bagus untuk pinjaman bisnis Anda dan beberapa jenis pinjaman lain yang ingin Anda ajukan selama Anda tahu bahwa Anda dapat melakukannya pengembalian yang baik kembali sesegera mungkin kemudian hubungi mr pedro di pedroloanss@gmail.com

Reply
avatar

Followers