Teman-teman
sudah tahu nggak apa sebenarnya itu siklus Akuntansi ?. hayoo coba jawab,
sebelum baca artikel dibawah ini…
Apakah
dengan melihat gambar dibawah teman-teman sudah tahu apa itu siklus akuntansi ?
atau sudah ada bayangan mengenai pengertiannya ?
Siklus
Akuntansi adalah peristiwa atau kegiatan akuntansi yang berkesinambungan dari
awal hingga akhir periode akuntansi. Dalam Bahasa awam, siklus akuntansi adalah
pencatatan-pencatatan dari awal hingga pelaporan. Secara garis besar, siklus
akuntansi dapat dibagi dalam tiga proses yaitu :
1. Tahap
Pencatatan, bermula dari pencatatan dan pengumpulan dokumen transaksi, jurnal umum, buku besar dan nerca saldo.
2. Tahap
Pengikhtisaran, penulisan ayat jurnal penyesuaian, neraca lajur dan jurnal
pembalik
3. Tahap
Pelaporan, penulisan laporan keuangan, jurnal penutup, dan neraca saldo setelah penutupan
Baca Juga : Saldo Normal Akun Perusahaan Jasa
Jika
dijabarkan lewat langkah demi langkah yang lebih panjang dan runtut, maka
berikut ini siklus akuntansi yang akan dikerjakan oleh setiap akuntan:
1. Akuntan
mencatat adanya transaksi dan mengumpulkan dokumen-dokumen transaksi tersebut.
2. Kemudian,
akuntan menganalisa dan menulis dokumen transaksi itu ke dalam jurnal umum.
3. Transaksi
itu kemudian dibukukan atau di posting ke dalam buku besar (ledger).
4. Lewat
pembukuan tersebut, akuntan bisa menyusun neraca saldo yang biasa disebut
dengan istilah Trial Balance.
6. Akuntan
membuat neraca lajur atau worksheet.
7. Tahap
berikutnya adalah penyusunan laporan keuangan yang terbagi atas beberapa bagian
berikut:
·
Laporan Laba Rugi (Income Statetment) atau aturan sekarang disebut Laporan Laba/Rugi Komprehensif
·
Laporan Modal (Capital Statetment) atau aturan sekarang disebut Laporan Perubahan Ekuitas
·
Neraca ( Balance
Sheet) atau atauran sekarang disebut Laporan Posisi Keuangan
Baca Juga : Memahami Mengenai Pengantar Akuntansi
8. Jika
sudah selesai, disusunlan Ayat Jurnal Penutupan (Closing Entries)
9. Dilanjutkan
dengan penyusunan buku besar setelah penyesuaian dan penutupan (Post Closing Ledger).
10. Menyusun
neraca saldo setelah penutupan (Post
Closing Trial Balance).
11. Membuat
ayat jurnal pembalik jika diperlukan. Jurnal pembalik dibuat dari jurnal penyesuaian.
Sumber : Sistem Komputer Akuntansi dan dipadukan dengan pemahaman penulis
3 komentar
Write komentarmantap blognya, lebih banyak lagi ya min buat artikel akutansinya, biar tambah sip. kalau blognya di beri domain TLD mungkin lebih greget lagi. dan kalau bisa abjadnya dibesarin ya min, keknya bakal enak di pandang nanti dari pada kecil kecil, saya buka lewat PC ini
ReplyOk. Makasih atas sarannya, diusahakan akan jadi domain secepatnya
ReplyAPLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG. Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan dagang. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com
Reply