Sunday 31 March 2019

akuntansi_akuntan

17 PELUANG USAHA YANG COCOK DIBUAT DI DESA


Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa hidup di kota lebih ideal untuk mencari uang, termasuk saya, setidaknya beberapa saat yang lalu sebelum menyadari betapa banyaknya ide dan peluang usaha yang ada di desa. Ini semua terjadi akibat dari perkembangan teknologi yang sudah sampai di desa. Oleh karena itu desa bukan lagi tempat terpencil yang dikenal dengan kemiskinan, keterbatasan peluang kerja dan sebagainya. Sebaliknya, kini desa juga dapat menjanjikan banyak peluang usaha yang tak kalah dengan di kota. Dengan memanfaatkan teknologi sekarang membuat desa kini tidak lagi ketinggalan dari kota, bahkan desa memiliki banyak bahan baku yang bisa diolah daripada di kota.
Jadi jangan ragu buat kalian membuka usaha di desa, tanpa disadari di desa banyak sekali peluang usaha yang mungkin kalian coba. Berbagai usaha di desa juga dapat dikembangkan dengan skala modal kecil maupun modal besar, dan di desa banyak lahan yang bisa kita manfaatkan untuk membuat usaha, bahkan pengurusan membuat usahanya tidak rumit seperti di kota.
Nah teman-teman dibawah ini ada 17 peluang usaha yang cocok buat kalian yang ingin membuat usaha di desa.:
1. Pangkas Rambut

Untuk teman-teman yang memiliki keahlian khusus, kalian dapat membuka usaha jasa sesuai dengan keahlian yang kalian miliki. Salah satunya adalah usaha pangkas rambut. Usaha ini tidak memerlukan modal besar untuk peralatannya dan kalian dapat memakai teras rumah untuk tempatnya dan bahkan jika usaha teman-teman lancer, kemungkinan besar teman-teman bisa mendapatkan tambahan dana dari investor.
2. Membuka Jasa Menjahit
Menjahit adalah suatu usaha yang tidak kalah bagusnya dengan usaha potong rambut. Sama dengan usaha potong rambut, usaha ini juga memerlukan keahlian khusus. Usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, hanya peralatan menjahit seperti mesin jahit. Dan untuk lokasinya bisa memanfaatkan rumah sendiri sebagai tempatnya.

Baca Juga : Support Dan Resistance

3. Usaha Rental Playstation
Di desa juga nggak kalah dengan di kota. masyarakat di desa, terutama yang mileneal  sangat menyukai game. oleh karena itu usaha ini bagus diterapkan di desa. Modal yang dibutuhkan untuk membuat usaha ini adalah lumayan besar dibandingkan dengan usaha yang sudah disebutkan sebelumnya diatas. Untuk lokasinya teman-teman bisa memanfaatkan di rumah atau menyewa tempat.
4. Usaha Kuliner
Usaha kuliner merupakan usaha yang ngga ada matinya dan akan terus ada. Oleh karena itu usaha ini juga berpeluang tinggi untuk para ibu rumah tangga ataupun kalian yang senang membuat makanan. Kalian dapat memproduksi makanan kecil di rumah seperti putri ayu, pudding, dan sebagainya. Kalian juga dapat memasarkannya dengan menitipkannya di warung-warung atau di tempat sekolah atau biasa disebut dengan istilah didalam dunia akuntansi “Konsinyasi”.
5. Usaha Bimbingan Belajar


Bimbingan belajar merupakan salah satu peluang usaha yang bisa dibilang ngga ada matinya juga selain usaha kuliner yang sudah kita bahas sebelumnya.
Saya sangat yakin dengan prospek cerah dari usaha ini kedepannya jika kita lihat bagaimana perkembangan positif pola pikir masyarakat desa dalam hal pentingnya pendidikan bagi anak.
Memang untuk menjalankan bisnis ini paling tidak anda atau salah satu orang yang terlibat di sana memiliki background pendidikan. Hal ini penting untuk membangung kepercayaan calon pelanggan terhadap usaha yang sedang anda bangun tersebut. Modalnya juga tidak terlalu besar untuk membuat usaha ini. Lokasinya kita bisa memanfaatkan di rumah atau menyewa tempat.
6. Ternak Ayam Kampung
Untuk kalian yang memiliki lahan yang luas, kalian dapat mencoba dengan usaha ternak ayam kampung. Usaha ternak ayam kampung ini cukup menggiurkan karena harga daging ayam kampung sendiri cukup stabil di pasar dan kalian bisa mendapatkan bibit ayam sendiri dari ayam betika yang kalian pelihara.
7. Membuka Warung Kelontong

Usaha ini merupakan usaha yang sangat sering dilakukan. Modal usaha ini tidak memerlukan modal yang besar, oleh karena itu usaha ini banyak dilakukan oleh orang di pedesaan. 
8. Usaha Ternak Lele

Beternak lele dapat mendapatkan banyak keuntungan karena selain banyakya rumah makan yang menyajikan lele sebagai menu masakan, bisa juga untuk memenuhi gizi keluarga.
Dalam beternak lele kalian dapat memfokuskan usaha pada pembibitan lele. Modal usaha untuk membuka usaha bisa dibilang jangka menegah. Dan untuk lokasinya bisa di buat di sekitar lahan pertanian, bahkan ada yang membuatnya di bawah tempat kendang ayam.

Baca Juga : 9 Cara Menjadi Forex Profesional

9. Membuka Depot Air

Usaha depot air ini memiliki peluang yang besar karena hanya membutuhkan beberapa alat saja yaitu alat pengisi air mineral, galon, dan alat pembersih. Usaha ini juga tidak membutuhkan tempat yang luas  dan modal yang banyak untuk membangun usaha ini.
10. Jasa Warnet


Walaupun kini hampir semua orang memiliki smartphone, tetapi usaha warung internet tetap memiliki peluang. Ini karena di desa tidak banyak rumah-rumah yang memasang wi-fi dan untuk mendownload, streaming, bermain game online dan sebagainya memerlukan kuota yang besar jika melalui smartphone. Sehingga masih banyak orang yang memilih pergi ke warnet.
11. Jasa Fotocopy

Di desa tidak kalah juga dengan di kota dengan masalah Pendidikan. Meskipun didesan sekolah tidak sebanyak di kota, tapi usaha ini sangat cocok untuk di desa. Modal untuk menjalankan usaha ini bisa dibilang jangka menengah, tapi bisa memperoleh profit yang memuaskan. Untuk lokasinya bisa ditempatkan disekitar sekolah.
11. Jasa Pembuatan Barang Mebel

Usaha ini memerlukan keahlian khusus untuk memulainya, tapi jangan khawatir jika kalian ingin memulai bisnis ini tidak memeiliki keahlian membuat perkakas, teman-teman bisa mempekerjakan orang lain yang memiliki keahlian dalam membuat perkakas. Modal yang dibutuhkan tidak terlalu banyak dan untuk lokasinya, biasanya kalau di desa dibawah rumah, karena di desa memiliki rumah panggung dan bisa juga menyewa tempat.
12. Usaha Konter Pulsa

Kebutuhan masyarakat akan pulsa selalu mengalami peningkatan, sehingga konter pulsapun sekarang semakin meningkat di berbagai wilayah. Dengan begitu, jelas bahwa konter pulsa merupakan usaha yang memiliki peluang tinggi. Karena, kini kebutuhan akan pulsa tidak hanya ada di perkotaan saja, tetapi juga di pedesaan. Jika untuk modalnya tidak memerlukan modal yang banyak dan lokasinya pun tidak memerlukan lokasi yang luas.
13. Usaha Pertamini


Di desa tidak banyak adanya pom bensin seperti di kota , sehingga orang-orang cukup kesulitan dalam mencari bensin. Padahal hampir semua keluarga walaupun di desa memiliki kendaraan. Hal ini dapat dijadikan sebagai peluang untuk membuka pertamini dipinggir jalan yang banyak dilalui kendaraan. Untuk modalnya bisa dibilang jangka menengah dan lokasinya pun harus sesuai dengan ketentuan pertamini yang ada.

Baca Juga : Pertanyaan Saat Sidang Skripsi

14. Usaha Warung Kelontong
Usaha ini merupakan usaha yang sangat sering dilakukan. Usaha ini memang tidak menghasilkan keuntungan yang banyak tapi dengan membuka warng kelontong, dapat mencukupi keuangan setiap harinya.
15. Usaha Ternak Ayam (Kemitraan)
Usaha ini di era sekarang banyak sekali orang yang mencobanya, sebab keuntungan sangat fantastis. Sedangkan resiko kerugiannya sedikit, sebab modal untuk pembelian ayam, pakan, dan obat-obatannya bukan pengusaha yang menanggungnya, melainkan perusahaan kemitraannya. Modalnya yang dari pengusaha yaitu cuman lokasi, kendang ayam serta peralatan ayam lainnya.
16. Usaha Bisnis Online


Bisnis online dan internet marketing adalah usaha yang sangat fleksibel, dalam artian bisa anda komandoi darimana pun tempat anda berada, asalkan daerah tersebut sudah memiliki akses internet. Ada banyak cara untuk memulai bisnis online, seperti menjual barang di perusahaan unicorn seperti , tokopedia, bukalapak, dll. Dan bisa menjadi agen pemebelian tiket pesawat di Traveloka.
Bahkan banyak masyarakat desa yang menjadi youtubers, bloggers yang tidak kalah pendapatannya dengan para youtubers dan bloggers yang ada di kota.
17. Jasa Servis Elektronik
Di era sekarang, hampir semua orang memiliki barang-barang elektronik. Walaupun begitu, bagi sebagian orang beberapa barang elektronik basih dianggap mahal sehingga saat mengalami kerusakan dan masih dapat diperbaiki, kebanyakan orang memilih untuk menservisnya daripada membeli yang baru. Sehingga, usaha ini memiliki peluang yang tinggi.
Jika masih ada lagi saran anda usaha yang cocok di buat di Desa, tulis kolom di komentar di bawah .!

akuntansi_akuntan

About akuntansi_akuntan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

5 komentar

Write komentar
abang ichal
AUTHOR
2 April 2019 at 19:26 delete

Ada juga usaha olahan produk lokal... Tapi cocoknya di desa wisata.

Reply
avatar
2 April 2019 at 19:53 delete

Bisa juga bro. makasih atas informasi tambahannya .

Reply
avatar
praftiwi
AUTHOR
13 August 2019 at 07:58 delete

kan di desa tanah masih luas ya.. kalo buka usaha futsal gimana gan insight nya? apa kemungkinan lakunya kecil gegara masih banyak lahan buat main sepakbola di lapangan terbuka yang free?

Reply
avatar
15 August 2019 at 00:34 delete

bangun usaha futsal juga cukup menjanjikan, mengingat olahrga ini banyak peminat. Kalau lakunya itu tergantung dari bagaimana cara anda memasarkannya, dan ingat tarifnya harus sesuaikan dengan keadaan di lingkungannya.!

Reply
avatar
7 October 2019 at 09:30 delete

warnet sekarang sudah tidak menjanjikan mas bro, karena sekarang hampir semua orang sudah punya hape yang bisa terhubung dengan internet.

Reply
avatar

Followers