Thursday 27 September 2018

akuntansi_akuntan

CARA MENJURNAL SETORAN MODAL PERUSAHAAN BERBENTUK PERSEROAN

Pencatatan penyetoran modal ke dalam perusahaan perseroan hamper tidak berbead antara saham biasa dan saham preferen. Masing-masing saham disediakan akun tersendiri. Berikut Contoh Soalnya:



Aktiva bertambah sejumlah uang tunai yang diterima, yaitu Rp 125.000. Sebetulnya sumber kenaikan aktiva tersebut, yaitu setoran modal, juga bertambah dalam jumlah yang sama. Akan tetapi, karena dalam akte pendiriannya dinyatakan bahwa nilai nominal daham adalah Rp 1.000 untuk tiap lembar saham, maka kelebihan nilai penyetoran ini dicatat dalam akun modal tersendiri yang disebut Agio Saham Biasa (Premium on Common Stock atau Paid in Capital Excess of Par Value).



Aktiva bertambah sebesar Rp 95.000, demikian juga sumber aktiva tersebut, yaitu modal. Akan tetapi, seperti halnya apabila saham dijual pada harga diatas nominal, selisih antara nilai nominal dengan nilai aktiva yang betul-betul diterima dicatat dalam akun modal tersendiri yang disebut Disagio Saham Biasa (Discount on Common Stock). Akun ini akan mengurangi saldo akun saham biasa sehingga nilai bersihnya akan mencerminkan nilai aktiva yang berasal dari peyetoran modal. 


Apabila nilai pasar aktiva tidak diketahui, maka nilainya ditentukan dengan harga pasar saham yang dikeluarkan

akuntansi_akuntan

About akuntansi_akuntan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

Followers