Monday 12 February 2018

san

MEMAHAMI PERBEDAAN PERUSAHAAN JASA, PERUSAHAAN DAGANG, DAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR

Halo sobat, penulis akan menulis artikel tentang bentuk perusahaan. Sebab sebelum masuk dalam pencatatan akuntansi, sebaiknya sobat dulu mengerti ada berapa bentuk perusahaan beserta perbedaanya masing-masing. Untuk itu penulis akan membahasnya secara detail.

Dalam dunia bisnis, kita akan dikenalkan pada tiga macam usaha berbeda yang tentunya sedikit memengaruhi bentuk akuntansi dari pencatatan keuangannya. Tiga jenis usaha yang mempengaruhi pencatatan akuntansinya tersebut adalah perusahaan dagang, perusahaan manufaktur, dan perusahaan jasa.
1.  Perusahaan Jasa adalah perusahaan yang bergerak di bidang penawaran jasa, dimana perusahaan tersebut hanya menggunakan jasa mereka sebagai kegiatan operasional perusahaan.

2.   Perusahaan Dagang adalah perusahaan yang bergerak di bidang jual beli barang, dimana perusahaan tersebut hanya membeli barang kemudian menjualnya kembali tanpa merubah bentuknya.

3.   Perusahaan Manufaktur adalah perusahaan yang bergerak di bidang jual beli barang dan produksi barang, dimana perusahaan tersebut hanya membeli bahan baku kemudian memproduksi barang tersebut, kemudian menjualnya.

Baca Juga : Memahami Konsep Perusahaan Manufaktur

Tabel perbedaan Perusahaan Jasa, Perusahaan Dagang , dan Perusahaan Manufaktur

Perusahaan Jasa
Perusahaan Dagang
Perusahaan Manufaktur
Persediaan
Tidak memiliki persediaan
Barang Dagang
- Bahan Baku
- Persediaan dalam proses produksi
- Persediaan bahan pembantu
- Persediaan barang jadi
Pembelian
Langsung dimasukkan dalam peralatan atau perlengkapan
Ada
Ada
Harga
Tidak ada harga pokok penjualan (HPP)
Ada harga pokok penjualan (HPP)
Ada harga pokok penjualan (HPP)
Akuntansi Biaya
Tidak ada akuntansi biaya
Tidak ada akuntansi biaya
Ada akuntansi biaya

Baca Juga : Pengertian Perusahaan Dagang dan Jenis-Jenisnya

Dari penjelasan di atas, sekilas kita akan memahami bahwa ada sedikit perbedaan antara akuntansi perusahaan jasa, manufaktur dan dagang terkait proses usahanya. Jika sobat pembaca masih sulit memahami perbedaan ketiga perusahaan tersebut, sobat pembaca bisa mengisi di kolom komentar. Makasih atas kunjungannya.

san

About san -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Xclmedia
AUTHOR
18 December 2020 at 14:03 delete

APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG. Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan dagang. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com

Reply
avatar

Followers