Tuesday 26 March 2019

san

ISTILAH-ISTILAH DALAM AKUNTANSI


Agio obligasi (bonds premium) adalah selisih antara nilai nominal obligasi dengan harga jualnya, dimana harga jualnya lebih tinggi daripada nilai nominal.
Aktiva tak berwujud (intangible assets) adalah ativa tetap perusahaan secara fisik tidak dapat dinyatakan.
Akumulasi penyusutan (accumulated depreciation) adalah akun yang digunakan untuk mencatat secara akumulatif, pengalokasian beban yang diakibatkan oleh pemakaian aktiva tetap. Akun semacam ini secara umum disebut akun kontra, yaitu akun yang berfungsi untuk mengurangi akun lain.
Akun (account) adalah formulir (media) yang digunakan untuk mengelompokkan transaksi-transaksi yang sejenis kedalam satu nama kelompok transaksi dan tempat untuk mencatat penambahan serta pengurangan yang terjadi dalam kelompok tersebut.
Akun dua kolom (two column account) adalah salah satu bentuk akun dimana sisi debit diletakkan terpisah dengan sisi kredit.
Akun empat kolol (balance-column account atau four column account) adalah salah satu bentuk akun dimana terdapat kolom yang menunjukkan saldo akun tersebut pada akhir setiap transaksi.
Akun nominal (nominal account atau temporary account) adalah akun-akun yang hanya digunakan untuk mencatat transaksi selama periode tertentu secara berkala dipindahkan ke akun modal. Akun pendapatan, beban, dan prive termasuk dalam kelompok ini.
Akun pengendali (controlling account) adalah akun dalam buku besar yang mempunyai rincian dalam buku besar tambahan.
Akun prive (drawing account) adalah akun yang digunakan untuk mencatat pengambilan aktiva perusahaan yang dilakukan oleh pemilik.
Akun rill (real account) adalah akun-akun yang saldonya dibawa terus-menerus dari satu periode ke periode lain. Akun-akun neraca termasuk ke dalam kelompok ini.
Akuntan (Accountant) adalah gelar bagi mereka yang telah lulus ujian-ujian akuntansi seperi yang ditetapkan dalam Undang-Undang No. 34 Tahun 1954. Tenaga-tenaga akuntansi secara umum dapat didefinisikan sebagai mereka yang mempunyai pengetahuan di bidang akuntansi.
Akuntan Intern (internal accountant) adalah akuntan yang bekerja untuk suatu perusahaan atau organisasi tertentu.
Akuntan publik (public accountant)/akuntan ekstern (external accountant) adalah auditor akuntan yang memberikan jasa-jasanya untuk suatu pembayaran. Akuntan ini merupakan akuntan professional yang diberi izin oleh Negara suatu berpraktik sebagai akuntan swasta.
Akuntansi Biaya (cost accounting) adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pengumpulan, analisis, dan pengontrolan atas biaya.
Akuntansi Keuangan (financial accounting) adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan laporan keuangan secara berkala untuk suatu unit ekonomi secara keseluruhan kepada pihak-pihak diluar perusahaan.
Akuntansi pemerintahan (governmental accounting) adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pencatatan dan pelaporan transaksi yang terjadi dalam badan-badan Pemerintah.
Akuntansi perpajakan (tax accounting) adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan surat pemberitahuana (SPT) dan segala sesuatu tentang perpajakan.
Amortisasi (amortization) adalah pengurangan nilai suatu aktiva tak berwujud yang secara berkala dicatat sebagai beban.
Auditing (auditing) adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan pemeriksaan secara bebas atas akuntansi keuangan.
Ayat Jurnal (journal entry) adalah penyajian suatu transaksi ke dalam nama akun dan jumlah yang harus didebit dan dikredit.
Ayat jurnal gabungan (compound jornal entry) adalah ayat jurnal yang terdiri dari dua atau lebih akun yang harus didebit/dikredit.
Ayat jurnal koreksi (correcting entry) adalah ayat jurnal untuk megoreksi kesalahan yang terdapat dalam akun-akun asset, kewajiban, pendapatan, beban, dan modal.
Ayat jurnal penutup (closing entry) adalah ayat jurnal untuk mensaldonolkan akun-akun sementara (nominal), yang dilakukan apabila akan dimulai pencatatan data akuntansi pada periode berikutnya.
Ayat jurnal penyesuaian (adjusting journal entry) adalah ayat jurnal yang biasanya dibuat pada akhir suatu periode akuntansi untuk mengoreksi akun-akun tertentu sehingga mencerminkan keadaan asset, kewajiban, pendapatan, beban ,dan modal yang sebenarnya.
Bagan akun (chart of accountant) adalah daftar akun yang ada dalam perusahaan lengkap dengan nama dan nomor kodenya.
Bank (bank) adalah lembaga keuangan yang salah satu usahanya adalah memberikan pinjaman kepada perusahaan.
Beban bunga (interest expense) adalah beban yang timbul karena peminjaman uang.
Beban gaji (salaries) adalah beban yang berasal dari pemakaian jasa karyawan/buruh yang dipekerjakan dalam perusahaan.
Beban penyusutan (depreciation expense) adalah beban yang timbul karena pemakaian aset tetap berwujud.
Beban perlengkapan (supplies expense) adalah beban yang timbul karena pemakaian perlengkapan (bahan pembantu).
Beban seba-serbi (miscelleanos expense) adalah beban yang terdiri dari macam-macam transaksi yang jumlahnya kecil, tidak sering terjadi dan tidak tertampung dalam satu akun beban yang ada dalam bagan akun.
Beban sewa (rent expense) adalah beban yang timbul karena pemakaian sewa.
Biaya pendirian (organization cost) adalah biaya-biaya yang dikeluarkan sehibingan dengan usaha mendirikan perusahaan.
Biaya riset dan pengembangan (research and development cost) adalah pengeluaran-pengeluaran untuk kegiatan-kegiatan yang akan menghasilkan barang atau jasa baru sesuai perkembangan keadaan atau permintaan.
Buku aktiva tetap (tangible fixed asset) adalah aktiva tetap yang secara pisik ada.
Buku besar (ledger) adalah kumpulan dari akun-akun yang saling berhubungan dan yang merupakan suatu kesatuan tersendiri.
Buku besar khusus (special ledger) adalah buku besar tambahan yang dirancang untuk mengumpulkan data lebih rinci guna mendukung informasi yang terdapat pada salah satu akun dibuku besar.
Buku besar tambahan (subsidiary ledger) adalah buku besar pembantu
Buku harian khusus (special jourlnal) adalah buku harian (jurnal) yang dirancang untuk mencatat suatu transaksi atau beberapa transaksi tertentu.
Buku memorial (general jornal) adalah jurnal umum, atau buku harian yang digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi yang tidak dapat ditampung dalam salah satu buku harian khusus.
Buku pembelian (purchases journal) adalah buku harian khusus yang digunakan untuk mencatat pembelian secara kredit.
Buku penerimaan kas (cash receipt journal) adalah buku harian khusus yang digunakan untuk mencatat semua penerimaan uang termasuk penjualan tunai.
Buku pengeluaran kas (cash disbursement journal) adalah buku harian khusus yang digunakan untuk mencatat semua pengeluaran uang termasuk pembelian barang dagang secara tunai.
Buku penjualan (sales journal) adalah buku harian khusus yang digunakan untuk mencatat penjualan secara kredit.
Buku piutang (accounts receivable subsidiary ledger) adalah buku besar tambahan untuk akun piutang, dan merupakan kumpulan dari kartu piutang
Buku utang (accounts payable ledger) adalah buku besar tambahan untuk akun utang dan merupakan kumpulan dari kartu utang.
Cost, freight, and insurance (CIF) adalah syarat penjualan dimana penjua menanggung biaya pengiriman dan asuransi terhadap kerugian atas barang yang bersangkutan.
Daftar piutang (schedule of receivables) adalah daftar yang memuat saldo piutang kepada tiap-tiap pelanggan (debitur) pada suatu saat tertentu.
Debit (debet) adalah sisi sebelah kiri akun yang bersangkutan dan dicatat dengan jumlah tertentu.
Deplesi (deplection) adalah pengurangan nilai dari hak pengusahaan sumber-sumber alam sebagai akibat prses menghasilkan pendapatan secara berkala akan dicatat sebagai beban.
Disagio obligasi (bonds discount) adalah selisih antara nilai nominal obligasi dengan harga jualnya, dimana nilai nominalnya lebih tinggi daripada harga jual.
Faktur penjualan (salses invoice) adalah dokumen untuk mencatat transaksi penjualan yang merupakan bukti adanya transaksi tersebut.
Franko gudang pembeli (free on board destination point) adalah syarat jual beli dimana penjual menanggung biaya pengiriman barang dari gudangnya sampai ke gudang pembeli.
Hak cipta (copy rights) adalah hak yang diberikan oleh Pemerintah kepada perusahaan atau seseorang atas karya-karya tulisan dan seni.
Hak Merek (trade mark) adalah hak yang diberikan oleh Pemerintah kepada perusahaan atau seseorang atas tanda yang digunakan untuk membedakan barang yang dihasilkan atau diperdagangkan dengan barang perusahaan atau orang lain.
Hak paten (patent)  adalah hak yang diberikan oleh Pemerintah kepda perusahaan atau seseorang atas suatu penemuan baru.
Harga pokok penjualan (cost of goods sold) adalah harga yang dikeluarkan oleh perusahaan untuk memperoleh barang yang dijual.
Ikhtisar laba rugi (income summary) adalah akun yang digunakan untuk menutup akun pendapatan dan beban.
Investasi dalam asuransi (Investment in life insurances) adalah investasi jangka panjang yang biasanya merupakan nilai tunai asuransi dari suatu asuransi jiwa.
Investasi jangka panjang (long term investment) adalah investasi yang dilakukan dalam hubungannya dengan tujuan jangka panjang perusahaan.
Jasa konsultasi manajemen (management advisory services) adalah jasa yang diberikan oleh akuntan public dalam bidang pemberian nasihat tentang kebijakan dan administrasi kepada manajemen perusahaan.
Jurnal (journal) adalah formulir khusus yang digunakan untuk mencatat secara koronologis transaksi-transaksi ayang terjadi dalam perusahaan menurut nama akun dan jumlah yang harus didebit dan dikredit.
Jurnal umum (general journal) adalah bentuk jurnal yang terdiri dari dua kolom.
Kartu piutang (debtor’s account) adalah formulir yang digunakan untuk mencatat penambahan atau pengurangan piutang kepada salah satu pelanggan (debitur) tertentu. Kartu piutang memuat informasi tentang piutang kepada salah satu pelanggan.
Kredit (credit) adalah sisi sebelah kanan akun yang bersangkutan dan dicatat dengan jumlah tertentu.
Kreditur (creditor) adalah pihak-pihak yang memberikan pinjaman kepada perusahaan.
Laporan akuntansi (accounting report) adalah semua laporan yang dihasilkan oleh sistem akuntansi.
Laporan keuangan (financial statetment) adalah laporan yang dirancang untuk para pembuat keputusan, terutama pihak luar perusahaan mengenai posisi keuangan dan hasil usaha perusahaan. Laporan keuangan terdiri dari Laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan, laporan arus kas.
Loko gudang penjua(free on board shipping point) adalah syarat jual beli dimana pembeli menaggung biaya pengiriman barang, dari gudang penjual sampai ke gudangnya sendiri atau pembeli.
Manajeman (management) adalah sekelompok orang yang diberi tanggung jawab untuk mengelola kegiatan perusahaan.
Masa manfaat (useful lives) adalah taksiran kapasitas manfaat yang dapat diberikan oleh aktiva tetap selama dapat dipakai, yang biasanya dapat dipakai dinyatakan dalam tahun.
Metode biaya (cost method) adalah metode pencatatan dan pelaporan investasi jangka panjang dimana investasi dicatat pada harga perolehannya (harga pokoknya), tanpa adanya penyesuaian untuk bagian laba atau rugi yang diperoleh perusahaan anak. Pendapatan dari investasi ini dicatat dan diakui pada saat dividen telah dikeluarkan
Metode ekuitas (equity method) adalah metode pencatatan dan pelaporan investasi jangka panjang dimana investasi mula-mula dicatat pada harga pokoknya, kemudian secara berkala saldo investasi ini disesuikan dengan kenaikan atau penurunan kekayaan perusahaan anak yang menjadi bagiannya.
Metode garis lurus (straight line method) adalah metode perhitungan beban penyusutan dimana harga perolehan aktiva tetap dialokasikan atas dasar berlalunya waktu, selama taksiran masa manfaat dan jumlah yang sama.
Metode jumlah angka tahun (sum of the years digits method) adalah metode perhitungan beban penyusutan dimana harga perolehan aktiva tetap dialokasikan atas dasar berlakunya waktu, selama taksiran masa manfaat dan alokasi dilakukan sedemikian rup, sehingga pembebanan pada tahun-tahun permulaan pemakaiannya lebih besar dibandingkan dengan tahun-tahun kemudian. Alokasi beban dilakukan dengan mengalikan suatu tariff tertentu yang makin lama makin menurun, terhadap harga perolehan dikurangi nilai sisa.
Metode saldo menurun (declining balance method)  adalah metode perhitungan beban penyusutan dimana harga perolehan aktiva tetap dialokasikan atas dasar berlalunya waktu, selama taksiran masa manfaat dan alokasi dilakukan sedemikian rupa sehingga pembebanan pada tahun-tahun permulaan pemakaiannya lebih besar dibandingkan dengan tahun-tahun kemudian. Alokasi beban dilakukan dengan mengalikan suatu tariff tetap terhadap nilai buku aktiva tetap.
Metode unit produksi (unit of production method) adalah metode perhitungan beban penyusutan dimana harga perolehan aktiva tetap dialokasikan atas dasar produksi atau output aktual.
Modal (capital) adalah sumber pembelanjaan perusahaan yang berasal dari pemilik.
Neraca (balance sheet) adalah laporan keuangan yang dapat member informasi tentang sumber-sumber daya yang dimiliki perusahaan dan sumber pembelanjaan untuk memperolehnya. Laporan ini menyajikan posisi keuangan perusahaan.
Neraca lajur (work-sheet) adalah formulir yang berkolom yang digunakan sebagai kertas kerja untuk menyusun laporan keuangan.
Neraca saldo (trial balance) adalah daftar saldo akun-akun yang ada dalam buku besar perusahaan pada suatu saat tertentu.
Neraca saldo disesuaikan (adjusted trial balance) adalah neraca saldo yang telah disesuaikan dengan jurnal penyesuaian.
Neraca saldo penutup (post closing trial balance) adalah neraca saldo yang dibuat setelah semua akun nominal ditutup.
Nilai buku (book value) adalah angka neto yang dihitung sebagai harga perolehan dikurangi dengan akumulasi penyusutan.
Nilai Buku (carrying amount) adalah nilai yang tercantum sebagai saldo akun pos yang bersangkutan. Dalam hal obligasi, nilai buku terdiri dari harga pokok setelah disesuiakan dengan amortisasi agio (disagio).
Nilai sisa (residual atau salvage value) adalah taksiran nilai pasar aktiva tetap pada akhir masa manfaat.
Nilai tukar (trade in allowance) adalah nilai aktiva tetap lama yang disetujui oleh kedua belah pihak dalam penukaran suatu aktiva tetap dengan yang baru.
Nilai tunai asuransi (cash surrender value) adalah nilai yang akan diterima dari perusahaan asuransi apabila polis asuransi jiwa yang diambil perusahaan dihentikan.
Nota kredit (credit memorandum) adalah dokumen untuk memberitahu pelanggan bahwa akunnya telah dikredit sejumlah tertentu.
Pembelian retur dan pengurangan harga (purchases return and allowances) adalah pengembalian atau pengurangan harga atas barang-barang yang telah dibeli.
Pembukuan (book-keeping) adalah pencatatan data perusahaan dengan cara tertentu.
Pemeriksaan intern (internal auditor) adalah akuntan yang bekerja di dalam perusahaan atau organisasi yang bertugas melakukan pemeriksaan untuk menentukan dipatuhinya kebijakan-kebijakan perusahaan yang telah ditetapkan.
Pemindah-bukuan ke buku besar (posting) adalah prosedur pemindahan data dari jurnal kea kun-akun yang bersangkutan di buku besar.
Penganggaran (budgeting) adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan penyusunan rencana keuangan menegenai kegiatan perusahaan untuk jangka waktu tertentu di masa datang serta analisa dan pengontrolannya.
Pengeluaran modal (capital expenditures) adalah pengeluaran-pengeluaran yang harus dicatat sebagai aktiva (dikapitlisir) oleh karena manfaat yang diperoleh daripadanya lebih dari satu periode akuntansi.
Pengeluaran pendapatan (revenue expenditures)  adalah pengeluaran-pengeluaran yang harus dicatat sebagai biaya pada saat terjadinya.
Penggolongan transaksi (classifying of transaction) adalah pencatatan transaksi-transaksi yang mempunyai sifat sama dilaporkan dalam satu pos atau akun.
Penjualan retur dan pengurangan harga (sales return and allowances) adalah pengembalian atau pengurangan harga atas barang-barang yang telah dijual.
Penjurnalan (journalizing) adalah pencatatan transaksi ke dalam jurnal.
Penyisihan dana untuk tujuan jangka panjang (long term investment in funds) adalah dana yang disisihkan untuk tujuan-tujuan jangka panjang.
Penyusutan (depreciation) adalah proses pengalokasian beban yang disebabkan oleh pemakaian asset tetap, seperti misalnya peralatan, semua aset tetap kecuali tanah.
Perbaikan dan pemeliharaan (repair and maintenance) adalah biaya-biaya yang dikeluarkan setelah aktiva tetap diperoleh untuk memperbaiki kerusakan dan menjaga kondisi aktiva tetap yang bersangkutan. Biaya untuk ini bersifat regular, dicatat sebagai beban pada saat terjadinya. Perbaikan besar-besaran yang akan memperpanjang umur aktiva tetap yang bersangkutan dikapitlisir.
Persekutuan (partnership) adalah perusahaan yang dimiliki oleh dua orang atau lebih menurut suatu perjanjian yang dilakukan diantara mereka.
Perseroan terbatas (corporation) adalah perusahaan yang merupakan badan hukum terpisah yang dibentuk berdasarkan hukum dimana pemiliknya dibagi dalam saham-saham.
Perusahaan dagang (merchandising form) adalah perusahaan yang kegiatannya membeli barang jadi dan menjualnya kembali tanpa melakukan pengolahan lagi.
Perusahaan jasa (service firm) adalah perusahaan yang kegiatannya menjual jasa-jasa.
Perusahaan pabrik (manufacturing firm) adalah perusahaan yang kegiatannya mengolah bahan baku menjadi barang jadi dan kemudian menjual barang jadi tersebut.
Perusahaan perseorangan (proprietorship) adalah perusahaan yang dimiliki seluruhnya oleh perseorangan.
Potongan pembelian (purchases discount) adalah potongan terhadap harga pembelian apabila pembayaran dilakukan lebih cepat dari jangka waktu kredit.
Potongan penjualan (sales discount) adalah potongan terhadap harga penjualan apabila pembayaran dilakukan lebih cepat dari jangka waktu kredit.
Potongan perdagangan (trade discount) adalah potongan harga yang disebabkan oleh perbedaan cara atau kondisi penjualan.
Potongan tunai (cash discount) adalah potongan harga yang diberikan apabila pembayaran dilakukan lebih cepat dari jangka waktu kredit.
Referensi (reference) adalah dalam proses pemindahan-bukuan dari jurnal ke buku besar, pencatatan nomor kode akun di jurnal yang menunjukkan ke akun mana ayat jurnal tersebut dimasukkan dan pencatatan halaman jurnal di akun untuk menunjukkan dari jurnal mana ayat jurnal yang bersangkutan berasal.
Saldo normal (normal balance) adalah saldo debit atau kredit yang biasanya akan terdapat akun tertentu
Siklus akuntansi (accounting cucle) adalah tahap-tahap kegiatan dalam proses pencatatan dan pelaporan akuntansi, mulai dari terjadinya transaksi sampai dengan dibuatnya laporan keuangan.
Sistem Informasi (information system) adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan perancangan dan pelaksanaan prosedur pengumpulan dan pelaporan data keuangan maupun non-keuangan.
Syarat pembayaran (credit term) adalah persetujuan antara pembeli dan penjual mengenai cara dan jangka waktu pembayaran suatu transaksi jual beli.
Ujian Negara Akuntansi (UNA) adalah ujian yang diselenggarakan oleh Konsorsium Ilmu Ekonomi untuk memperoleh gelar akuntan bagi para lulusan/mahasiswa jurusan akuntansi fakultas ekonomi/akademi swasta atau negeri tertentu.
Utang bunga (interest payable) adalah utang kepada kreditur sebagai imbalan atas pemakaian utang yang dipinjamkan kepada perusahaan.
Utang gaji (salaries payable) adalah utang untuk gaji yang jasanya telah dipakai tetapi belum dibayar.

san

About san -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Xclmedia
AUTHOR
18 December 2020 at 01:52 delete

APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER MANUFAKTUR. Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan manufaktur. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com

Reply
avatar

Followers