Sunday 11 February 2018

san

MEMAHAMI DEBIT DAN KREDIT DALAM TRANSAKSI DI AKUNTANSI

Dalam transaksi keuangan atau transaksi akuntansi dikenal istilah debit dan kredit. Istilah ini sudah sangat umum digunakan dalam berbagai pencatatan keuangan baik secara sederhana maupun yang sudah terstruktur dengan baik.
Dalam sebuah transaksi terdapat lima unsur pokok yaitu aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban atau biaya. Transaksi akuntansi dimulai dengan pencatatan sumber dokumen berupa nota pembelian, kwitansi pembayaran, dan lain-lain.
Baca Juga : Saldo Normal Akun Perusahaan Jasa
Laporan keuangan sendiri terdiri dari laporan keuangan komprehensif, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan, laporan arus kas, dan catatan atas laporan keuangan. Laporan keuangan berguna bagi pihak eksternal maupun pihak internal perusahaan.
Akun (account) biasa disebut juga rekening adalah tempat untuk menampung transaksi keuangan yang disusun secara kronologis berdarsarkan sistem urut tertentu (misalnya berdasarkan tanggal). Contoh akun yaitu akun kas, akun piutang, akun sewa, dan lain-lain.
Dalam rekening terjadi penambahan dan pengurangan, setiap penambahan dan pengurangan tersebut memiliki penyebab masing-masing dan didalam akuntansi dikenal istilah debet dan kredit.
Istilah debet dan kredit dalam persamaan akuntansi ini digunakan untuk mencatat penambahan dan pengurangan dalam akun aset, kewajiban, dan ekuitas. Debit digunakan untuk mencatat pengurangan nominal keuangan, sedangkan kredit digunakan untuk mecatat penambahan nominal keuangan. Dalam peletakannya debit dan kredit berada pada posisi yang berlawanan. Debit berada disebelah kiri dan kredit disebelah kanan.


Dalam setiap transaksi debit harus diikuti transaksi kredit begitupun sebaliknya. Yang harus dipahami adalah memahami kemana transaksi yang terjadi tersebut harus dicatat apakah disisi debit atau sisi kredit.
Baca Juga : Cara Membuat Ayat Jurnal Penyesuaian
KESIMPULAN
Dalam sebuah konsep akuntansi terdapat lima unsur pokok yang harus dipahami yaitu aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban atau biaya. Unsur-unsur tersebut akan dicatat ke dalam debit dan kredit secara berpasangan (double entry).



san

About san -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Xclmedia
AUTHOR
18 December 2020 at 14:05 delete

APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA. Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan jasa. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com

Reply
avatar

Followers