Dalam transaksi keuangan atau transaksi akuntansi
dikenal istilah debit dan kredit. Istilah ini sudah sangat umum digunakan dalam
berbagai pencatatan keuangan baik secara sederhana maupun yang sudah
terstruktur dengan baik.
Dalam sebuah transaksi terdapat lima unsur pokok yaitu
aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban atau biaya. Transaksi akuntansi
dimulai dengan pencatatan sumber dokumen berupa nota pembelian, kwitansi
pembayaran, dan lain-lain.
Baca Juga : Saldo Normal Akun Perusahaan Jasa
Baca Juga : Saldo Normal Akun Perusahaan Jasa
Laporan keuangan sendiri terdiri dari laporan keuangan
komprehensif, laporan perubahan ekuitas, laporan posisi keuangan, laporan arus kas,
dan catatan atas laporan keuangan. Laporan keuangan berguna bagi pihak
eksternal maupun pihak internal perusahaan.
Akun (account)
biasa disebut juga rekening adalah tempat untuk menampung transaksi keuangan
yang disusun secara kronologis berdarsarkan sistem urut tertentu (misalnya berdasarkan
tanggal). Contoh akun yaitu akun kas, akun piutang, akun sewa, dan lain-lain.
Dalam rekening terjadi penambahan dan pengurangan,
setiap penambahan dan pengurangan tersebut memiliki penyebab masing-masing dan
didalam akuntansi dikenal istilah debet dan kredit.
Istilah
debet dan kredit dalam
persamaan akuntansi ini digunakan untuk mencatat penambahan dan pengurangan dalam
akun aset, kewajiban, dan ekuitas. Debit digunakan untuk mencatat pengurangan
nominal keuangan, sedangkan kredit digunakan untuk mecatat penambahan nominal
keuangan. Dalam peletakannya debit dan kredit berada pada posisi yang
berlawanan. Debit berada disebelah kiri dan kredit disebelah kanan.
Dalam setiap transaksi debit harus diikuti transaksi
kredit begitupun sebaliknya. Yang harus dipahami adalah memahami kemana
transaksi yang terjadi tersebut harus dicatat apakah disisi debit atau sisi
kredit.
Baca Juga : Cara Membuat Ayat Jurnal Penyesuaian
Baca Juga : Cara Membuat Ayat Jurnal Penyesuaian
KESIMPULAN
Dalam sebuah konsep akuntansi terdapat lima unsur
pokok yang harus dipahami yaitu aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan, dan beban
atau biaya. Unsur-unsur tersebut akan dicatat ke dalam debit dan kredit secara
berpasangan (double entry).
1 komentar:
Write komentarAPLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER JASA. Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan jasa. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com
Reply