Tuesday 15 September 2020

akuntansi_akuntan

Perbedaan Akuntansi dan Keuangan dalam Dunia Bisnis

Dalam dunia bisnis pencatatan sangat diperlukan, hal ini untuk mengetahui secara real tentang keuangan perusahaan mereka apakah itu uang masuk ataupun uang keluarnya. Bukan hanya itu di dunia bisnis juga harus mengetahui perbedaan keuangan dan akuntansi.


Banyak orang yang menganggap bahwa keuangan dan akuntansi itu sama. Tapi jika anda ingin memasuki dunia bisnis anda seharusnya tidak berfikir demikian. Anda harus bisa membedakan keuangan dan akuntansi. 


Akuntansi adalah sistem informasi yang mengidentifikasikan, mencatat, dan mengomunikasikan peristiwa-peristiwa ekonomi dari suatu organisasi bagi para pengguna yang masing-masing memliki kepentingan. Adapun jenis-jenis akuntansi yaitu akuntansi biaya, akuntansi keuangan, akuntansi manajemen, dll.


Keuangan adalah bagian dari ilmu akuntansi itu sendiri yang mengatur bagaimana membuat perencanaan, pengelolaan anggaran keuangan seperti pengeluaran maupun investasi dana yang efektif. Dalam prosesnya keuangan tidak memiliki standar dan aturan.



Perbedaan Akuntansi Dan Keuangan

  • Perbedaan dari segi karir yaitu Profesional akuntansi menjadi akuntan, konsultan pajak dan auditor serta yang lainnya. Sedangkan keuangan menjadi bankir investasi, konsultan keuangan dan analisis keuangan.
  • Perbedaan dari segi tujuan yaitu akuntansi akan memberikan informasi laporan keuangan kepada pihak internal maupun eksternal suatu bisnis. Sedangkan keuangan akan memberikan informasi tentang keuangan kepada pihak internal perusahaan.
  • Ruang lingkup akuntansi adalah penyimpanan catatan transaksi yang dilakukan secara sistematis sedangkan keuangan merupakan kegiatan dalam pengelolaan dana dengan cara yang paling baik.
  • Akuntansi memiliki standar dan aturan sedangkan keuangan tidak memiliki standar dan aturan.
  • Perbedaan dari segi devisi yaitu akuntansi adalah bagian dari keuagan, sedangakan keuangan bukan bagian dari akuntansi
  • Perbedaan dari segi perangkat yaitu akuntansi memiliki laporan laba rugi, neraca, arus kas dll, sedangkan keuangan analisis resiko, penganggaran modal, analisis rasio, laverage, majemen modal kerja, dll.

Kesimpulan

Berdasarkan perbedaan akuntansi dan keuangan diatas maka dapat disimpulkan bahwa akuntansi diperusahaan yang menjalankan bisnis lebih diarahkan pada kegiatan keuangan. Sedangkan keuangan lebih diarahkan pada kondisi keuangan perusahaan.

Demikianlah pembahasan penulis tentang perbedaan akuntansi dan keuangan. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya. Jangan Lupa di share ya !!!

Jika anda ingin berkarir di bidang akuntansi dan keuangan, maka pilihan anda sangat tepat, karena bidang ini sangat luas dan untuk memperolehnya melalui gelar akuntansi, keuangan maupun manajemen.

 

Sumber :     https://guruakuntansi.co.id/accounting-dan-finance/

                    https://finata.id/perbedaan-keuangan-dan-akuntansi/

                    https://apaperbedaan.com/akuntansi-dan-keuangan/

akuntansi_akuntan

About akuntansi_akuntan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Xclmedia
AUTHOR
18 December 2020 at 01:38 delete

APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG. Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan dagang. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com

Reply
avatar

Followers