Sunday 30 September 2018

akuntansi_akuntan

PERAN PROFESI AKUNTAN PUBLIK DALAM PREKONOMIAN




Agar mesin peroknomian suatu negara dapat menyalurkan dana masyarakat ke dalam usaha-usaha produktif yang beroperasi secara efisien, maka dalam perekonomian perlu disediakan informasi keuangan yang andal, yang memungkinkan para investor memutuskan ke usaha-usaha apa dana mereka diinvestasikan. Dana yang berada ditangan masyarakat akan ditarik oleh perusahaan yang mampu menghasilkan kembalian (return) terbesar atas investasi dan yang memiliki kondisi keuangan yang sehat.

JIka manajemen suatu perusahaan dengan sengaja mengelabui masyarakat dengan menyajikan laporan keuangan yang seolah-olah sehat., maka dana para invetor akan mengalir secara salah ke perusahaan tersebut. Akibatnya, dana masyarakat mengalir ke perusahaan yang beroperasi yang tidak efisien, yang pada akhirnya akan berdampak kepada kerugian ekonomi secara keseluruhan.

Informsi keuangan tersebut disajikan oleh manajemen kepada masyarakat keuangan untuk memungkinkan masayarakat keuangan menilai pertanggung jawaban keungan manajemen dan untuk menilai kemampuan perusahaan dalam menghasilkan kembalian investasi (return on investment) dan posisi keungan perusahaan.

Namun bagi masyarakat laporan keuangan, laporan keuangan yang disajikan oleh manajemen mengandung kemungkinan adanya pengaruh kepentingan pribadi manajemen dalam menyajikan infomasi hasil usaha dan posisi keuangan yang menguntungkan bagi mereka dan keteledoran serta ketidakjujuran yang dilakaukan oleh manajemen dalam penyusunan laporan keuangan tersebut. Oleh karena itu, masyarakat keuangan memerlukan jasa professional untuk menilai kewajaran informasi keuangan yang disajikan oleh manajemen kepada masyarakat.

Atas dasar informasi keuangan yang andal, masyarakat keuangan akan memiliki dasar yang andal untuk menyalurkan dana mereka ke usaha-usaha yang beroperasi secara efisien dan memiliki posisi keuangan yang sehat. Penyedia informasi keuangan yang memungkinkan masyarakat keuangan menyalurkan dana mereka ke usaha-usaha yang efisien akan menjadi sehat perekonomian suatu negara. Profesi akuntan publik bertanggung jawab untuk menaikkan tangkat keandalan laporan keuangan perusahaan-perusahaan, sehingga masyarakat keuangan memperoleh informasi keuangan yang andal sebagai dasar untuk memutuskan alokasi sumber-sumber ekonomi.

akuntansi_akuntan

About akuntansi_akuntan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

Followers