Monday 11 May 2020

akuntansi_akuntan

CARA MENILAI DAN MELAPORKAN PERSEDIAAN BARANG DAGANG

PENILAIAN DAN PELAPORAN

Persediaan barang dagang adalah (merchandise inventory) adalah barang-barang yang dimiliki perusahaan untuk dijual kembali. Untuk perusahaan pabrik/ manufaktur, yang termasuk dalam persediaan adalah barang-barang yang digunakan untuk kegiatan proses prduksi selanjutnya. Persediaan dalam perusahaan pabrik/manufaktur terdiri dari persediaan bahan baku, persediaan bahan dalam proses, dan persediaan barang jadi.

Persediaan barang dagang pada umumnya dinilai pada harga terendah antara harga perolehan dan harga pasar atau nilai yang diharapkan atau direalisasikan. Cara penilaiannya harus diungkapkan dalam laporan keuangan.

Baca Juga : Cara Menghitung Penetapan Harga Pokok Persediaan

PERSEDIAAN DALAM LAPORAN KEUANGAN

Dalam laporan keuangan, persediaan barang dagang disajikan baik dineraca maupun di laba rugi.

1.    Persediaan barang dagang yang tercantum di Laporan Neraca (Laporan posisi keuangan) mencerminkan nilai barang dagang yang ada pada tanggal neraca, biasanya juga merupakan akhir dari suatu dari periode akuntansi (persediaan barang dagang akhir).
2.    Persediaan barang dagang yang tercantum di Laporan Laba/Rui muncul dalam Laporan Harga Pokok Penjualan (HPP).





Dari gambar diatas dapat dilihat bahwa persediaan barang dagang yang ada pada akhir tahun berjalan (2016) akan muncul baik di neraca maupun laporan laba rugi. Persediaan ini pada tahun berikutnya (2017, tidak digambarkan),akan merupakan persediaan awal dalam laporan laba rugi. Sebaliknya, persediaan barang pada awal tahun berjalan akan muncul di neraca dan laporan laba rugi tahun sebelumnya.

Baca Juga : Piutang Dagang dan Bagaimana Cara Mencatatnya
Ada saling hubungan antara persediaan barang dagang di neraca dan laporan laba rugi. Bahkan, ada saling hubunga antara persediaan barang dagang pada tahun berjalan dengan sebelumnya dan tahun yang akan datang. Dari adanya saling hubungan ini, terlihat bahwa betapa pentingnya pos ini dalam menentukan laba/rugi dan posisi keuangan perusahaan, tidak saja terhadap tahun berjalan, tetapi juga terhadap tahun sebelumnya dan tahun yang akan datang. Kesalahan dalam menentukan nilai persediaan barang dagang akan mempengaruhi tidak saja laporan laba rugi dan neraca tahun berjalan tetapi juga neraca dan laporan laba rugi tahun yang akan datang.

akuntansi_akuntan

About akuntansi_akuntan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

Followers