Thursday 12 December 2019

san

KEGUNAAN PERSAMAAN AKUNTANSI DAN DISERTAI CONTOHNYA


Untuk tulisan selanjutya akan dibahas mengenai persamaan akuntansi. Apakah teman-teman akuntansi sudah mengerti tentang apa itu persamaa akuntansi ?, untuk yang mengerti itu sangat bagus karena sudah mengerti mengenai dasar akuntansi, tetapi yang belum nggak usah sedih karena tulisan ini akan membahas tentang dasar akuntansi ini. 

Balok-balok pembangunan akuntansi penting yang lain adalah kategori-kategori yang menjadi dasar pengklasifikasian peristiwa-peristiwa ekonomi. Dua unsur dasar suatu bisnis adalah apa yang dimiliki dan apa yang menjadi kewajibannya. Aset adalah sumber daya yang dimiliki sebuah perusahaan. Kewajiban dan ekuitas pemilik adalah hak atau klaim terhadap sumber daya tersebut. Hubungan antara aset, kewajiban, dan ekuitas pemiliki dapat dinyatakan dalam persamaan sebagai berikut:

Baca Juga : Memahami Konsep Perusahaan Jasa

AKTIVA
PASSIVA
ASET
KEWAJIBAN & EKUITAS

Hubungan diatas disebut sebagai suatu persamaan akuntansi dasar (basic accounting equation). Jumlah aset harus sama dengan jumlah kewajiban dan ekuitas pemilik. Oleh karena klaim auditor harus dibayarkan sebelum klaim kepemilikan, seandainya bisnis di likuidasi, maka kewajiban disajikan sebelum ekuitas pemilik pada persamaan akuntansi dasar.
Sebagai contoh dari pembentukan CV. Harapan, Pak Boruto menginvestasikan uang sebesar Rp 30.000.000 guna menjalankan bisnis. Dan kemudian CV. Harapan meminjam uang sebesar Rp 20.000.000 di Bank. Bagaimana persamaan akuntansinya?


Persamaan akuntansi adalah dasar akuntansi dimana membahas tentang akun aktiva dan passiva:

ASET = KEWAJIBAN + EKUITAS
Dimana:

  • Aset adalah sumber daya yang dimiliki oleh suatu bisnis. Aset digunakan dalam pelaksanaan aktivitas-aktivitas seperti produksi, konsumsi, dan jual beli.
  • Kewajiban adalah klaim terhadap aset atau utang dan keharusan yang mesti dipenuhi.
  • Ekuitas adalah klaim kepemilikan atas total aset.

Persamaan akuntansi berlaku bagi seluruh entitas ekonomi tanpa melihat ukuran, sifat, maupun bentuk organisasi bisnisnya. Persamaan akuntansi berlaku pada bisnis perusahaan perseorangan kecil, seperti toko kelontong dipojok jalan hingga perusahaan perusahaan raksasa seperti Djarum bahkan dari luar negeri Kellog atau General Mills. Persamaan tersebut memberikan kerangka dasar bagi pencatatan dan pengikhtisaran peristiwa-peristiwa ekonomi suatu perusahaan bisnis.

Adapun kegunaan dari persamaan akuntansi adalah untuk menggambarkan bahwa setiap transaksi itu dipengaruhi oleh minimal dua golongan rekening, apakah itu yang termasuk dalam a(kas, pitang, persediaan, peralatan, dll), kewajiban (utang usaha, utang bank, utang hipotek, dll) dan ekuitas (modal).

Berdasarkan contoh soal diatas, berikut penjelasannya :
Ø  Pak Boruto menginvestasikan uang sebesar Rp 30.000.000, transaksi ini adalah aset dan ekuitas
Ø CV Harapan meminjam uang sebesar Rp 20.000.000 di Bank, transaksi ini adalah aset dan kewajiban.

Maka persamaan akuntansi yaitu:
Aset                             =          Kewajiban                   +          Ekuitas
Rp 50.000.000             =          Rp 20.000.000            +          Rp 30.000.000

Persamaan akuntansi ini juga loh teman-teman selalu terjadi di lingkungan  kita sehari-hari , dan kita tidak pernah menyadari hal itu. Seperti ketika kita diberikan uang oleh orang tua. Persamaan akuntansinya yaitu aset kita bertambah dan modal kita bertambah juga.

Apakah sudah paham tentang persamaan akuntansi? Jika belum ayo kita diskusi bersama disini dan jangan lupa di share ya !!

Sumber : Jerry dkk. Accounting Principles (Pengantar Akuntansi). Salemba Empat dan di padukan dengan pengetahuan penulis

san

About san -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

2 komentar

Write komentar
GRAMINEA
AUTHOR
15 January 2020 at 00:57 delete

wah di akhir artikel saya berharap dapat contoh sehari-hari yang lebih lengkap.. nice sharing

Reply
avatar
Xclmedia
AUTHOR
18 December 2020 at 01:46 delete

APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER NON PROFIT Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan non profit. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com

Reply
avatar

Followers