Monday 12 February 2018

san

MEMAHAMI KEGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI



Bagaimana menurut anda mengenai peran informasi akuntansi dalam perusahaan? Pada dasarnya jika kita melihat hal ini dengan cara sederhana, dapat dikatakan bahwa akuntansi mampu menghasilkan informasi yang dapat dipergunakan oleh manajer dalam mengambil keputusan dan menjalankan operasi perusahaan

Kemudian informasi akuntansi juga dapat memberikan manfaat kepada pihak-pihak yang berkepentingan untuk mengetahui kondisi perusahaan dan kinerja ekonomi perusahaan yang akan selanjutkan dilakukan analisa mengenai hal itu. Saat ini adalah era digital dimana informasi bisa diakses dengan mudah, hal ini mengakibatkan informasi akuntansi sangat penting terutama untuk perusahaan.

Untuk para orang-orang yang ingin terjun ke dalam dunia analis keuangan, informasi akuntansi sangat penting sebab informasi akuntansi digunakan untuk mengambil keputusan apakah mereka merekomendasikan pembelian saham kepada masyarakat. Dan untuk dunia perbankan berguna untuk memutuskan seberapa besar jumlah kredit yang diberikan.

Pihak pemasok berguna untuk mengambil keputusan apakah mereka menawarkan bahan baku dengan cara kredit. Sedangkan untuk pemerintah berguna untuk mengetahui seberapa besar jumlah pajak yang dibayarkan perusahaan kepada Negara.

Proses dimana akuntansi dapat menghasilkan informasi akuntansi bagi pihak-pihak yang berkepentingan dapat digambarkan seperti dibawah ini:

Ø  Perusahaan harus menjalankan proses identifikasi kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan terhadap perusahaan.

Ø  Perusahaan mempunyai pengetahuan mengenai kebutuhan informasi para pihak yang memiliki kepentingan, dan juga memiliki rancangan mengenai informasi akuntansi yang tentunya akan digunakan untuk memenuhi kebutuhan informasi perusahaan.

Ø  Informasi akuntansi mencatat data ekonomi atas kegiatan yang berhubungan dengan operasional perusahaan, yang outputnya kemudian dilaporkan kepada pihak-pihak yang memiliki kepentingan sesuai yang mereka butuhkan.

san

About san -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Xclmedia
AUTHOR
18 December 2020 at 01:56 delete

APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER NON PROFIT Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan non profit. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com

Reply
avatar

Followers