Wednesday 16 September 2020

akuntansi_akuntan

Proses Kegiatan Pelaporan Akuntansi Beserta Para Penggunanya

Akuntansi adalah sistem informasi yang mengidentifikasikan, mencatat, dan mengomunikasikan peristiwa-peristiwa ekonomi dari suatu organisasi bagi para pengguna yang masing-masing memliki kepentingan.

Untuk pengertian akuntansi secara umum diatas saya akan jabarkan menurut pemahaman dari penulis :

Proses Akuntansi


1. Mengidentifikasi


Mengidentifikasi disini adalah memlih peristiwa ekonomi (transaksi) artinya memilih/memilah yang mana transaksi sebagai kejadian ekonomi akuntansi dan kejadian ekonomi akuntansi bukan transaksi.

Contoh transaksi sebagai kejadian ekonomi akuntansi adalah transaksi aset, kewajiban, dan ekuitas sedangkan ;

Contoh kejadian ekonomi bukan transaksi adalah kebakaran gudang, bencana alam yang merusak gedung, dll.

Karakteristik yang mengatakan sebagai transaksi dalam akuntansi ada 2 yaitu melibatkan lebih dari dua pihak dan mempengaruhi persamaan akuntansi.


2. Mencatat


Mencatat disini adalah melakukan pembukuan yang merupakan proses mengenali transaksi dan memasukkannya sebagai catatan.

Contoh mencatat dalam akuntansi adalah menjurnal, kemudian membuat buku besar, setelah itu neraca saldo.

3 Tahapan pencatatan transaksi keuangan adalah Menggunakan sistem yang akan membantu anda dalam mengelola catatan keuangan, Melacak transaksi keuangan secara terperinci, Menggabungkan laporan untuk menyajikan dalam satu set pada akhir laporan keuangan

 

3. Mengkomunikasikan


Mengkomunikasikan disini adalah menyampaikan informasi-informasi keuangan kepada pengguna- pengguna yang berkepentingan. Informasi keuangan ini yang dimakasud adalah laporan-laporan keuangan.

Contoh mengkomunikasikan adalalah Menyampaikan laporan keuangan kepada pemegang saham.


Salah satu unsur vital dalam mengkomunikasikan peristiwa-peristiwa ekonomi adalah kemampuan akuntan untuk menganalisis dan menginterpretasikan informasi yang telah dilaporkan. 


Setelah mengkomunikasikan dengan pengguna-pengguna yang berkepentingan, akuntansi sebaiknya mempertimbangkan kebutuhan dari para pengguna informasi keuangan. Oleh sebab anda perlu mengetahui siapa pengguna-pengguna tersebut dan apa kebutuhan-kebutuhan mereka akan informasi.


Baca Juga : Contoh Soal Akuntansi


Siapa Pengguna Data Akuntasi


Oleh karena akuntansi mengkomunikasikan informasi keuangan, maka sering kali disebut juga sebagai "bahasa bisnis". Informasi yang dibutuhkan oleh seorang pengguna informasi keuangan akan bergantung pada jenis-jenis keputusan yang dibuat oleh pengguna tersebut. Perbedaan dalam keputusan membagi para pengguna informasi keuangan menjadi dua kelompok besar yaitu pengguna internal dan pengguna eksternal.


1. Pengguna Internal


Pengguna internal informasi adalah para manajer yang merencanakan, mengorganisasikan, dan mengelola suatu bisnis. Mereka antara lain adalah manajer pemasaran, supervisor produksi, direktur keuagan, dan pejabat perusahaan. Dalam menjalankan suatu bisnis, para manajer harus menjawab banyak pertanyaan penting.

Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut maupun pertanyaan lainnya pengguna membutuhkan informasi yang rinci dan tepat waktu. Bagi para pengguna internal perusahaan, akuntansi memberikan laporan-laporan internal. Contohnya adalah perbandingan keuangan dan alternatif-alternatif operasional, proyeksi laba, dll .


2. Pengguna Eksternal


Pengguna eksternal informasi adalah Pihak dari luar perusahaan yang memiliki kepentingan. Mereka antara lain adalah para investor, Kreditor, Badan Perpajakan, Badan-Badang Pembuat Peraturan, Pelanggan, Serikat Pekerja, dan Perencana Ekonomi, serta Pemerintah.


Demikian dari Artikel Proses Kegiatan Akuntansi. Semoga bermanfaat bagi teman-teman yang membacanya. Jangan Lupa di share Ya! 


Referensi : Weygandt dkk/Pengantar Akuntansi. Edisi Tujuh. Jakarta. Salemba Empat;2014

akuntansi_akuntan

About akuntansi_akuntan -

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

1 komentar:

Write komentar
Xclmedia
AUTHOR
18 December 2020 at 01:48 delete

APLIKASI AKUNTANSI EXCEL PREMIER DAGANG. Aplikasi Akuntansi yang dibangunan berbasis Excel dengan fitur yang cukup lengkap dan menarik, baik otuput laporan keuangannya maupun fasilitas menunya, dapat diterapkan untuk berbagai jenis perusahaan dagang. Output laporan keuangan meliputi Neraca, Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Neraca Lajur, Buku Besar dan Buku Pembantu. info : www.xclmedia.com

Reply
avatar

Followers